Genie Smart Lock, Kunci Pintu Pintar yang Hemat Baterai

genie_smart_lock_kunci_pintu_pintar_yang_hemat_baterai_140723_0

 

Produsen baru dalam hal kunci pintar, Lockitron, memperkenalkan produk pengaman rumah terbarunya, Genie Smart Lock yang mampu menghubungkan pintu rumah langsung dengan internet. Dengan begitu, memudahkan penggunanya untuk mengunci dan membuka pintu meski lewat jarak jauh.
Tak hanya untuk si pengguna, jika diperlukan, kunci digital Genie Smart Lock juga dapat dikirimkan ke teman maupun kerabat pengguna serta mengawasi kedatangan dan perginya.
Dengan kunci digital ini, pengguna bisa masuk ke rumah tanpa harus mengeluarkan kunci dari saku.
Hebatnya, kunci pintar ini dilengkapi dengan fitur penghemat baterai yang mampu menghemat baterai hingga satu tahun selama pemakaian. Berbeda dengan kunci pintar lainnya yang sama-sama bekerja dengan wi-fi mode namun masa baterai hanya bertahan selama beberapa minggu.
Kelebihan dari Genie Smart Lock terletak pada sistem daya yang menggunakan perangkat sekunder –hub wi-fi yang dicolokkan ke dalam listrik rumah lalu dihubungkan langsung ke handlepintu melalui Bluetooth Low Energy (BLE). Dengan begitu, tingkat kehausan baterai pada wi-fi bisa ditekan secara minimum karena berpegang pada grid listrik. Sementara pada handle pintu, hanya perlu menggunaka BLE.
Berikut ini cara kerja Genie Smart Lock. Genie hub wi-fi menerima sinyal dari smartphone ataupun komputer yang terdaftar. Lalu sinyal dari wi-fi dikonversikan ke BLE. Sinyal BLE dikirim ke Genie Smart Lock yang kemudian dikonversikan kembali BLE ke bentuk wi-fi, lalu  dikembalikan sebagai jawaban ke –hub wi-fi. –hub wi-fi akan mengirimkan sinyal kembali ke perangkat smartphone atau komputer sebagai jawaban.
Jika baterai mati sepenuhnya atau dimatikan, pengguna bisa menggunakan kunci konvensional untuk membukanya.
Genie Smart Lock sudah dirancang berdasarkan standar grendel pintu dengan lubang pintu standar 54mm layaknya yang terdapat di pintu tradisional.
Pemasangan dan instalasi alat pengaman ini cukup mudah untuk pemakai pemula.
Untuk saat ini, Genie Smart Lock dibanderol dengan harga US$249. Namun kabarnya, bulan depan harga Genie Smart Lock akan ditambah sebesar US$100.000 dengan kualitas yang lebih baik.

Tinggalkan komentar